Pengertian dan Cara Mengatasi CMOS Setting Wrong

Baterai CMOS sering digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik.Di setiap motherboard,terdapat satu battery CMOS yang terpasang ditempatnya.Dengan ciri,berbentuk bulat pipih,sama seperti battery yang digunakan pada jam tangan.

Adapun singkatan dari CMOS adalah “Complementary Metal Oxide Semiconductor”.
Jika motherboard tidak terpasangi oleh battery CMOS,maka pesan error akan tampak disaat booting computer,dan jika komputer tetap dipaksa berjalan tanpa menggunakan battery CMOS,maka Computer tersebut akan beroperasi menggunakan BIOS “default setting”.

Baterai CMOS yang sudah lama terkadang akan error dan akan muncul tulisan seperti ini CMOS Setting Wrong, kalian gak usah panik, mari kita telusuri kerusakan tersebut.

Pengertian dan Cara Mengatasi CMOS Setting Wrong

Pasti anda pernah mengalami pada saat menghidupkan computer muncul pada tampilan awal seperti ini Press F1 to continue, Del to enter SETUP, karena permasalahan ini biasanya diakibatkan beterai CMOS atau BIOS pada komputer anda rusak atau setting BIOS berubah sendiri.

  • Buka CPU
  • Cari letak baterai CMOS dan keluarkan baterai tersebut. Cara mengeluarkan baterai ini adalah dengan cara mencongkel sisi yang telah disediakan pada tempat baterai CMOS
  • Masukkan baterai CMOS yang baru
  • Setelah baterai CMOS yang baru anda pasangkan pada tempatnya, hidupkan komputer dan masuklah ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS ada beberapa cara yang berbeda tergantung dari jenis matherboard yang anda pakai. Biasanya cukup dengan menekan Delete, F1, atau F2 pada keyboard saat komputer dinyalakan
  • Settinglah BIOS anda dengan mengatur tanggal dan waktu pada BIOS, kemudian tekan F10 untuk menyimpan setting yang anda buat. Bisa juga dengan memilih menu Save Change and Exit pada halaman utama BIOS
  • Bersihkan Motherboard dari debu.
  • Ganti kabel yg udah rusak (kabel HDD ato Power Supply)
  • Kalau masih tetep, berarti Mobotherboard anda minta diganti

13 komentar

ada efek samping nya gak gan kalo kita diemin aja?

Sangat membantu untuk setting bios

Thx gan bener juga tuh, solusinya sdh saya ikuti sesuai dgn penjelasan dari atas, thx, Tq, trims, makasih, maacih, peace all,, trus lah untuk update hal2 yg tak banyak org tau, (khususnya pemula).. Pada hanya masalah kecil tp, terlihat rumit, bagi yg ga faham

terima kasih gan untuk ilmu nya

ok makasih banget infonya sekalian nebeng blog baru mas ha ha
http://didi1975.blogspot.co.id/

Sudah diganti cmosnya,udh juga diseting biosnya,tpi tetap blom idup dia,gimana cara ngatasinnya tu gan?

Efeknya ya itu diatas ydah dijabarkan, yaitu setingan yg kita ubah & simpan tiap kali masuk BIOS, nantinya kalau PC dimatikan ya ke settingan default lagi, jadi sia2 kalau kita setting lagi.

Saya sudah ganti baterai CMOS dan ufah setting waktu di BIOS. Tapi saat komputer direstart kembali lagi ke CMOS Setting Wrong.

Terima kasih. Sukses sllalu

Please comment corresponding article discussion and no spamm, no ads, no fuss, no live link