Cara Mengatasi Black Sreen Pada Komputer dan Penyebabnya

Hal seperti ini kerap sering terjadi pada pengguna warnet atau komputer pribadi. Saya sendiri pernah mengalami hal seperti ini lagi-lagi black screen di komputer client. Black Screen dan Blue Screen Of Death / BSOD berbeda dalam hal kerusakan yang dialaminya.

Bagaimana cara mengatasinya...?

Pertama, Periksa Komponen Hardware
Buka CPU anda dan periksa satu persatu dari baterai CMOS, Kemudian cek VGA card, memory dan power supply, lanjutkan lagi dengan kabel-kabel yang tersambung ke perangkat hardisk, cek kondisi kipas berfungsi dengan baik atau tidak, jika tidak baik maka akan mengalami overheat. Periksa input dan output lalu cabut semua USB device yang menancap, misalkan USB Flasdisk, Printer dan Hardisk Eksternal jika kalian sedang memakainya hendaklah dicabut dahulu.

Kedua, Safe Mode
Restart monitor anda saat akan muncul tampilan tekan F8 sehingga akan muncul Advance Boot Option, setelah itu pilih Safe mode.

Cara Mengatasi Black Sreen Pada Komputer dan Penyebabnya

Ketiga, Startup Repair pada System Recovery Tool
Pada menu Advance Boot Option seperti gambar diatas, pilihlah menu paling atas yaitu Repair Your Computer. Kemudian klik Next aja kemudian isikan username dan password administrator komputer apabila diminta sampai muncul tampilan System Recovery Option. Klik Startup Repair dan ikuti proses selanjutnya,
klik next dan ikuti proses apabila tidak terdapat masalah maka akan muncul keterangan "Startup repair could not detect a problem."

Keempat, Repair atau Re-install Windows
Langkah me-repair atau bahkan menginstal ulang sistem operasi Windows merupakan langkah terakhir untuk memperbaiki komputer black screen ini dari sisi perbaikan secara software.

Apa sih peyebanya..?
  1. Kemungkinan anda baru instal Software
  2. Mungkin juga dari applikasi yang baru saja anda update
  3. Mungkin anda lupa bahwa anda telah menambahkan hardware ke komputer
  4. Komputer tidak di shutdown dengan benar
  5. Kemungkinan besar komputer anda terjangkit virus
  6. USB Flashdisk yang lupa tidak dicabut saat menghidupkan komputer

Semoga cara-cara diatas bisa membantu anda.

Please comment corresponding article discussion and no spamm, no ads, no fuss, no live link